Rabu, 01 Oktober 2014

Cara Menjalankan Web Server Apache dengan XAMPP

Cara Menjalankan Web Server Apache dengan XAMPP
XAMPP
Xampp merupakan salah satu aplikasi web server Localhost yang paling banyak digunakan. Aplikasi ini dibuat oleh Apache Friends dan installer-nya bisa langsung di download dari situs mereka. Aplikasi berbasis web yang diimplementasikan dalam sebuah jaringan komputer client-server sangat cocok menggunakan aplikasi ini. Aplikasi web server xampp sangat mendukung aplikasi berbasis web maupun aplikasi database berbasis web, karena didalamnya telah terdapat database MySQL yang dapat dikases melalui interface berupa GUI dalam sebuah web-browser. Tool tersebut adalah phpmyadmin, tool ini dapat diakses di web-browser setelah menjalankan aplikasi web server xampp atau aplikasi web server xampp diaktifkan melalui xampp control panel. 


Cara Menjalankan Web Server Apache Melalui XAMPP Control Panel

  • Untuk menjalankan web server Apache, pertama kali kita harus menjalankan aplikasi XAMPP Control Panel. Jika jendela tersebut belum terbuka, anda bisa menjalankannya dari START –> All Program –> XAMPP –> XAMPP Control Panel.
  • Pada tampilan XAMPP Control Panel, kita dapat melihat modul atau program apa saja yang bisa dijalankan dari XAMPP, seperti Apache Web Server, MySQL, Program FTP Filezilla, dan beberapa aplikasi lainnya.
  • Untuk menjalankan Apache, silahkan klik tombol Start pada kolom Action untuk menu Apache.Warna backgroud dari text Apache akan beralih menjadi kuning yang menandakan proses sedang dimulai. Tunggulah beberapa saat sampai warna backgroud text Apache menjadi hijau yang menandakan web server tersebut telah berjalan di latar belakang.
Cara Menjalankan Web Server Apache dengan XAMPP
XAMPP

  • Untuk menghentikan web server, tinggal klik tombol Stop sampai warna hijau hilang dari text Apache. Beberapa konfigurasi dan tombol lainnya dapat diabaikan dulu, karena untuk saat ini kita hanya butuh mengetahui cara menjalankan dan mematikan web server saja.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menjalankan Web Server Apache dengan XAMPP
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/cara-menjalankan-web-server-apache.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
1 komentar:
  1. keren...makasih infonya gan..... artikel ini sangat membantu banget utk saya yang pemula, dsini sy jd tau kalo sebelum menjalankan web server terlebih dahulu kt mengaktifkan xampp terlebih dahulu terutama Apache dan Mysql, xampp jg bs dijalankan secara offline....sukses terus wat agan ya.....semangat....

    kunjungi website saya ya : https://lurriekurniasih.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus