Selasa, 28 Oktober 2014

Cara Membuat Tulisan 3D Dengan Coreldraw

CorelDraw sebagai Aplikasi Software desain grafis berbasis Vektor tidak menyertakan secara detail untuk pengerjaan objek 3D yang benar-benar 3D . Ingat bahwa coreldraw adalah pengolah citra grafis yang bergerak pada mode 2D. Sehingga untuk menghasilkan objek 3D adalah teknik kita sendiri sehingga menghasilkan sebuah objek mirip 3D.

Cara Membuat Tulisan 3D Dengan Coreldraw
3D
Dengan adanya beberapa  tool canggih untuk membuat efek tiga dimensi di Corel DRAW seperti ContourExtrude, Prespective, Drop Shadow, dan Blend sangat bermanfaat sekali buat kita untuk membuat berbagai macam efek 3 dimensi. Bagai mana cara menggunakan tool tersebut, di sini saya akan mencoba menggunakan salah satu tool canggih tersebut untuk membuat teks 3D yaitu sebuah tool yang bernama Extrude. Ekstrude adalah efek 3D yang dibuat dengan cara membuat ketebalan objek.


  • Bukalah program corel draw,lalu klik new
  • Buat text dengan menggunakan Text tool (f8), pilih type font yang diinginkan, atur size font, kemudian beri warna text dengan cara mengklik kiri di color pallete.
  • Kemudian untuk memberikan efect 3D klik Extrude tool.
  • Pada Property tool klik kiri tahan di bagian custom untuk memilih jenis efect extrude yang diinginkan, disini saya menggunakan vector Extrude 3.
  • Masih di Property tool atur pengaturan extrude seperti gambar di bawah, Pada pilihan depth beri nilai 5, depth digunakan untuk mengatur panjang extrude, kemudian untuk mengatur warna extrude klik kiri tahan pada pilihan icon Color kemudian pilih Use Color Shading atur deh warna yang diinginkan.
  • Anda juga dapat merotate extrude agar lebih menarik dengan cara klik kiri tahan pada icon extrude rotation, kemudian putar sesuai keinginan.
  • Efek Extrude ini tidak hanya bisa di terapkan pada text, anda bisa berikan juga pada sebuah object shape, sebagai contoh disini saya buat objek berbentuk love dengan basic shape tool.
  • Setelah terbuat object shape, berikan efect extrude seperti langkah sebelumnya dari langkah 2 sampai 5, alhasil seperti gambar di bawah. Eh…..! Ada yang ketinggalan, tambahkan text PalComTech dan beri Efect Extrude seperti langkah sebelumnya.
  • Di bagian Fill Type pilih type Radial, kemudian atur warna yang diinginkan.
  • Untuk objek I dan PalComTech berikan warna gradasi seperti objek shape love, copy dan paste objek Shape love hinga beberapa buah, anda juga bisa menambahkan Efect shadow agar lebih menarik, hasilnya seperti gambar di bawah ini.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Tulisan 3D Dengan Coreldraw
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/cara-membuat-tulisan-3d-dengan-coreldraw.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar