Jumat, 31 Oktober 2014

Trik Cara membuat grafik regresi linier di excel 2007


Analisa Regresi dalam statistika adalah salah satu metode untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara satu variabel dengan variabel yang lain. Variabel bebas digambarkan dalam grafik sebagai sumbu X. Variabel yang dipengaruhi digambarkan dalam sumbu Y. Kedua variabel ini dapat merupakan variabel acak (random), namun variabel yang dipengaruhi harus selalu variabel acak. Analisis regresi adalah salah satu analisis yang luas pemakaiannya dalam berbagai bidang ilmu yang memerlukan analisis sebab-akibat boleh dipastikan mengenal analisis ini.

Trik Cara membuat grafik regresi linier di excel 2007
Grafik Regresi Linier


Rumus Regresi Linear sederhana adalah ŷ= a + b x , dimana ŷ adalah variabel dependen atau variabel tak bebas sedangkan x adalah variabel independen atau variabel bebas. Kenapa ŷ dianggap variabel tak bebas karena kita beranggapan bahwa nilai variabel y dipengaruhi oleh variabel x dan tidak berlaku sebaliknya. Lalu nilai a adalah intercept atau titik potong dan b adalah slope. Nah yang dibutuhkan sekarang bagaimana kita mencari nilai intercept (a) dan slope (b) saja.







Berikut ini adalah contoh penerapan microsoft excel untuk membuat  grafik regresi linier. Untuk lebih detail silahkan ikuti prosedur berikut:
  • Buat tabel seperti di bawah ini
              Blok kolom A dan B yang berisi data
              Di Menu bar pilih Insert - Scatter , pilih type Scatter with only mark

  • maka akan tampil grafik regresi. Jika Chart Layout tidak muncul di toolbar, double klik pada Chart area Pilih Layout yang menampilkan fungsi persamaan linier dan nilai R Maka akan tampil persamaan linier di dalam plot area , persamaan tersebt bisa digeser agar tampilannya lebih menarik
  • Bagian legenda (legend) berupa Series dan Linear (Series1) bisa dihapus , sehingga ruang plot area menjadi lebih lebar
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Trik Cara membuat grafik regresi linier di excel 2007
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/trik-cara-membuat-grafik-regresi-linier.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
1 komentar:
  1. makasih banyak buat infonya gan,,,
    ijin share yaa

    http://acemaxsok.com/

    BalasHapus