Senin, 27 Oktober 2014

Keanekaragaman Fauna Di Indonesia



Keanekaragaman Fauna Di Indonesia
Fauna


Indonesia terkenal sebagai Negara yang kaya akan keanekaragaman hewan dan banyak di antaranya merpakan Hewan Endemik. Dari hasil survei IBSAP pada tahun 2003 diketahui di Indonesia ter dapat   515 jenis mamalia (36% endemic, peringkat pertama dunia), 35 jenis primata (25% endemic), 511 jenis reptil, 1.531 jenis burung (sebagian jenis endemic), 270 jenis amfibi, dan 212 jenis kupu-kupu(44% endemic).hewan yang endemik misalnya harimau jawa, jalak bali putih di bali, badak bercula satu di ujung kulon (jawa barat), binturong, monyet, tarsius di Sulawesi utara, kukang dan maleo hanya di Sulawesi, komodo di pulai komodo dan sekitarnya.

Jenis-jenis hewan yang ada di Indonesia diperkirakan berjumlah sekitar 220.000 jenis yang terdiri atas lebih kurang 200.000 serangga (± 17% fauna serangga di dunia), 4.000 jenis ikan, 2.000 jenis burung, serta 1.000 jenis reptilia dan amphibia. Pembagian fauna menjadi dua kelompok didasarkan pada adanya Paparan Sunda dan Paparan Sahul menjadi lebih jelas lagi daripada pembagian flora. Di sini dapat ditarik garis pemisah yang lebih jelas yang disebut garis Wallace (ditemukan oleh Alfred Russel Wallace). Beberapa jenis hewan, seperti ikan tawar dari kelompok timur dan barat penyebarannya tidak pernah bertemu. Akan tetapi, ada pula hewan hewan, seperti burung, amphibia, dan reptilia yang sering kali antara

Di dunia ini terdapat Enam Zona persebaran makhluk hidup (biogeografi), yaitu zona Neotropik, zona Neartik, zona Etiopia, zona Paleartik, zona Oriental, dan zona Australasia. Indonesia merupakan negara kepulauan karena memiliki lebih dari 17.000 pulau yang membentang dari ujung barat Pulau Sabang sampai ujung timur Pulau Merauke, panjang jaraknya sekitar 5.100 km. Karena Indonesia terletak di daerah tropik yang berada di antara zona Oriental dan zona Australasia, maka memiliki sederet habitat yang luas, meliputi hutan basah dan hutan kering, rawa permanen, padang rumput, gurun pasir, sampai gunung bersalju. Kekayaan habitat tersebut memunculkan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, memiliki keunikan tersendiri, selain itu juga memiliki tumbuhan dan hewan langka, serta tumbuhan dan hewan endemik.

Berdasarkan Garis Wallace dan Garis Weber, persebaran hewan2 di Indonesia meliputi daerah oriental di kawasan barat, daerah Australia di kawasan timur, dan daerah peralihan
  • Hewan di daerah oriental, meliputi berbagai hewan asia seperti primata (kera, monyet, bekantan, orangutan, tarsius, dan sebagainya), sebagai mamalia besar (gajah, banteng, orangutan, kera, tapir, badak, harimau, rusa, babi hutan), dan berbagai jenis burung berkicau (jalak, perkutut, kutilang, dan sebagainya).
  • Hewan di daerah Australia, meliputi berbagai mamalia kecil, marsupalia atau mamalia berkantung (kangguru, opossum, wallaby, dan sebagai nya), dan jenis burung yang warna nya mencolok (cendrawasih, kakatua, dan sebagainya).
  • Hewan di daerah peralihan, meliputi berbagai jenis hewan dari tipe asia dan Austalia, misalnya tarsius, anoa, babi, opossum, babirusa, burung, hantu, dan burung maleo.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Keanekaragaman Fauna Di Indonesia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/keanekaragaman-fauna-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar