Rabu, 08 Oktober 2014

Pengertian Boolean

Pengertian Boolean
Boolean
Boolean merupakan salah satu tipe data penting di Java. Anda dapat menghasilkan tipe boolean dengan membandingkan nilai satu dengan nilai yang lain. Java mempunyai Operator yang digunakan untuk membandingkan dua nilai yang disebut dengan operator pembanding (comparison operator) atau operator relasi (relational operator). Hasil perbandingan dua nilai adalah nilai dengan tipe boolean (true dan false).

Operator Boole berupa AND, OR dan NOT.

  • Operator AND diletakkan di antara kata kunci yang gunakan dalam penelusuran, fungsinya adalah untuk mempersempit hasil pencarian. Misalnya, Filsafat AND Islam, akan mempersempit penelusuran, sehingga akan memperoleh hanya situs-situs yang mengandung kata Filsafat dan Islam di dalamnya.
  • Meletakkan operator OR di antara kata kunci berarti akan memperluas hasil pencarian . Misalnya, Filsafat OR Islam, akan menelusur situs-situs yang mengandung salah satu atau kedua kata tersebut di dalamnya.
  • Operator NOT juga untuk mempersempit hasil pencarian. Misalnya, Filsafat NOT Islam, berarti akan mencari situs-situs yang mengandung kata Filsafat, tetapi tidak mengandung kata Islam. (Beberapa mesin pencari menggunakan operator AND NOT)Tiap-tiap search engine memiliki cara yang berbeda dalam menerapkan teknik penelusuran dengan menggunakan operator Boole ini. Untuk mengetahuinya harus diperiksa pada petunjuk atau pedoman di masing-masing search engine.
Boolean sangat penting dalam Mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program. Dalam bahasa pemrograman yang memiliki built-in tipe data Boolean, seperti Pascal dan Java, operator perbandingan seperti '>' dan '≠' biasanya ditetapkan untuk mengembalikan nilai Boolean. Juga, perintah bersyarat dan berulang dapat didefinisikan untuk menguji ekspresi Boolean bernilai. 

Bahasa tanpa tipe data Boolean eksplisit, seperti C dan Lisp, masih dapat mewakili nilai-nilai kebenaran dengan beberapa jenis data lainnya. Lisp menggunakan daftar kosong untuk false, dan nilai lain untuk benar. C menggunakan tipe integer, di mana ekspresi relasi seperti ungkapan i> j dan logis dihubungkan oleh & & dan | | didefinisikan memiliki nilai 1 jika benar dan 0 jika salah, sedangkan bagian uji jika, sementara, untuk, dll, mengobati setiap nilai bukan nol sebagai benar [1] [2] Memang,. sebuah variabel Boolean dapat dianggap (dan dilaksanakan) sebagai variabel numerik dengan (sedikit) satu digit biner, yang dapat menyimpan hanya dua nilai. 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Boolean
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/pengertian-boolean.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
2 komentar:
  1. Penjelasan tentang Boelannya sangat menarik dan mudah untuk saya pahami. Sekarang saya baru tau ternyata Boelan adalah salah satu tipe data yang penting pada bahasa pemrogramman. Terimakasih.

    Izin share blog ya
    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
    www.ahmadsi2b.blogspot.com

    dan kunjungi pula
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus