Minggu, 19 Oktober 2014

Teknik Penggabungan dan Shaping


Teknik Penggabungan dan Shaping
Teknik Shaping

Coreldraw merupakan suatu program yang memudahkan kita dalam menggambar. Teknik Shaping adalah teknik dasar dari menggambar dalam corel draw yang merupakan teknik penggabungan untuk menggabungkan 2 bangun atau lebih.

Kita akan mempelajari contoh sederhana dari penggunaan shaping.
  • Buka program coreldraw – Pilih “new”.
  • Lalu gambar lingkaran dan persegi panjang dengan menggunakan tool gambar kotak di sebelah kiri atau tekan F6.
  • Lalu gambar lingkaran dan persegi panjang dengan menggunakan tool “Basic Shape”.
  • Lalu di sebelah atas ada pilihan properties gambar, klik panah dalam lingkaran dan pilih gambar lingkaran dan persegi panjang.

Teknik shaping :

  • Weld

         Berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih jenis objek. Klik pada bidang 1 kemudian          klik tombol  Weld To pada  Shaping Toolbox lalu diikuti mengklik bidang 2. 
  • Trim

          Artinya memangkas. Jadi, bagian Object Target yang tertutup oleh bagian objek                       sumber akan dipangkas atau dipotong sesuai dengan bentuk objek sumber yang                        menutupi objek target tersebut. Caranya sama dengan Weld, klik bidang 1 kemudian               klik tombol Trim pada Shaping Toolbox, lalu klik  pada bidang 2.
  • Intersect

          Berguna mengambil bagian bidang sumber yang juga menjadi bagian bidang target                 atau dalam matematika disebut dengan istilah IRISAN. Caranya masih sama dengan              shaping sebelumnya. Klik bidang 1 kemudian klik tombol Intersect pada shaping                      toolbox, lalu klik pada bidang 2.
  • Simplify

           Sama dengan Trim, berfungsi untuk memotong. Tapi, Simplify tidak bisa memilih                    bidang sumber dan bidang targetnya. Pada Simplify, bidang 1 memotong bagian                      bidang 2 yang dia tutupi, tapi bidang 1 masih tetap ada. Cara menggunakan Simplify                adalah dengan cara men-select semua bidang kemudian klik tombol Simplify pada                  Shaping Toolbox.
  • Front Minus Back

          Merupakan teknik yang depan dikurangi yang belakang. Artinya, bentuk bidang                     depan sudah berkurang karena dipotong oleh bidang di belakangnya. Caranya select               semua bidang, kemudian klik tombol Front Minus Back pada Shaping Toolbox. 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Teknik Penggabungan dan Shaping
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/teknik-penggabungan-dan-shaping.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar