Minggu, 16 November 2014

CARA MEMBUAT DATABASE INTERBASE VIA IBEXPERT



CARA MEMBUAT DATABASE INTERBASE VIA IBEXPERT
FireBird


Borland Interbase Server (Selanjutnya kita sebut IB saja) adalah database server yang sangat handal dan sangat terkenal dikalangan Programmer yang menggunakan Borland Delphi sebagai alat untuk mengembangkan aplikasi database-nya. Firebird Server (selanjutnya kita sebut Firebird saja) bisa dibilang sebagai “adik sepupu” dari IB karena fitur dan perluasan bahasa SQL-nya sangat mirip dengan IB. Firebird juga dapat diartikan sebagai versi free dari IB. Dalam tutorial ini, saya akan coba menjabarkan bagaimana cara instalasi Firebird, Administrasi database, koneksi ke IB/Firebird via command line(menggunakan MS-DOS/ cmd.exe) dan via GUI (Graphical User Interface). Khusus untuk koneksi database via GUI, kita akan menggunakan IBO Console yang dapat didownload di situs resmi firebird (www.ibphoenix.com). Interface dari IBO Console sangat mirip dengan IBConsole (GUI tool IB yang langsung terinstall saat anda melakukan instalasi IB server secara default). IBO Console diperlukan disini karena Firebird Server secara default tidak memiliki console GUI untuk administrasi dan management databasenya, disamping itu fitur IBO Console lebih lengkap dari IBConsole bawaan IB, dan yang paling penting IBO Console adalah Freeware . Selain itu, saya juga akan membahas bagaimana cara untuk membuat database, table, view, generator, stored procedure dan trigger, dan sebagainya.


Firebird merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland. Modul-modul kode baru ditambahkan pada Firebird dan berlisensi di bawah Initial Developer's Public License (IDPL), sementara modul-modul aslinya dirilis oleh Inprise berlisensi di bawah InterBase Public License 1.0. Keduanya merupakan versi modifikasi dari Mozilla Public License 1.1.


Tidak seperti MySQL yang mempunyai 2 macam lisensi, Firebird dapat Anda gunakan secara gratis untuk kepentingan komersial sekalipun. Gratis dalam artian benar-benar gratis tidak ada embel-embel apa pun. Firebird juga merupakan salah satu proyek Open Source.


Langkah-langkanya sebagai berikut :

  • Buka IBExpert
  • Klik Script Executive
  • Kemudian ketik script dibawah ini :
              set sql dialect 3;

              create database 'C:/data.ib'
              user 'sysdba' password 'masterkey'
              page_size 4906
              with admin option;
  • Tekan F9 untuk RUN SCRIPT / EXECUTE
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA MEMBUAT DATABASE INTERBASE VIA IBEXPERT
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/11/cara-membuat-database-interbase-via.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
1 komentar:
  1. gan kok script sql nya ga work it ya? apa ngaruh dari versi firebirdnya?

    BalasHapus