Minggu, 26 Oktober 2014

Tips Trik Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Ada banyak cara untuk membuat kita lebih percaya diri dalam menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Disamping perbendaharaan kata yang cukup tentu saja kuncinya adalah mencoba, berlatih dan berlatih, dan tentu juga tahu sedikit banyak tentang struktur atau elemen utama pembentuk kalimat. 

Belajar mengenal struktur kalimat dalam bahasa Inggris 

Subject

Subject bisa berupa orang, benda, tempat, kualitas, konsep ataupun Aktivitas (kata kerja yang dibendakan / verb-ing). Subject menjadi pelaku / yang digambarkan dari suatu tindakan atau kata kerja. 

Contoh :


  • John walks to school (subject orang) 
  • Jakarta is beautiful (subject tempat) 
  • Walking makes the heart healthy (subject aktivitas) 

Kata kerja (verb)

Kata Kerja menggambarkan tindakan yang dilakukan atau keadaan dari Subject. Sesuai dengan jenis kalimat, ada kata kerja operasional/tindakan (termasuk transitif dan intransitif), ada kata kerja penghubung (linking verb/copulative verb) yang menghubungkan subject dengan complement (pelengkap) dimana kata kerja ini menggambarkan keadaan (being/to be), nampaknya/kelihatannya (seeming), pemunculan (appearing), perasaan (feeling) dsb, intinya kata kerja selain tindakan. Dan yang ketiga kata kerja yang digunakan untuk membentuk perubahan makna dan waktu (tenses). Dalam hal ini juga ‘to be’ meskipun Linking Verb, namun jika digunakan dalam tenses merupakan operasional. 

Contoh : 

  • He is lazy (kalimat ini nominal dan linking verb, dimana ‘is’ menghubungkan subject dan complement berupa kata sifat (lazy) 
  • John eats an apple (verbal/operasional) 
  • I am playing marbles (saya sedang bermain kelereng) 


Kalimat bahasa Inggris ini merupakan jenis tenses present continuous dimana to be ‘am’ tidak lagi nominal (linking verb)tetapi tetap merupakan kata kerja operasional yang digunakan untuk membentuk perubahan makna dan waktu berupa present progressive. 

Object

Object adalah orang atau benda yang mendapatkan tindakan kata kerjanya. Object disini ada 2 yaitu object langsung dan object tidak langsung. Object tidak langsung akan didahului oleh preposisi to, of, for jika mengikuti subject langsungnya. Jika object tidak langsung muncul diantara kata kerja dan object langsung maka object tidak langsung akan muncul tanpa to, of atau for.
 
Contoh : 


  • I take money to you (object tidak langsung mengikuti object langsung ‘money’)
  • I take you money (object tidak langsung diantara kata kerja dan object langsung)



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Trik Membuat Kalimat Bahasa Inggris
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/tips-trik-membuat-kalimat-bahasa-inggris.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar