Rabu, 01 Oktober 2014

Pengertian Fungsi (function) PHP dan Cara Penggunaan Fungsi PHP

Fungsi (atau Function) dalam bahasa pemograman adalah kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Kita dapat membuat fungsi sendiri, atau menggunakan fungsi yang dibuat oleh Programmer lain.
Dalam dunia pemograman terdapat istilah ‘lazy progamming yang artinya bukanlah programmer yang malas. Tetapi, daripada membuat kode program umum dari dasar, kita bisa menggunakan fungsi yang telah dibuat oleh programmer lain. PHP bahkan menyediakan ribuan fungsi bawaan yang tersedia untuk membantu kita dalam merancang program.
Fungsi pada PHP biasanya digunakan untuk mengelompokan beberapa baris program. Baris program tersebut kemudian bisa dipanggil dari luar fungsi, baik satu kali maupun berulang-ulang. Dengan menggunakan fungsi, anda tidak perlu menulis Kode program berkali-kali.
Yang perlu anda ketahui mengenai fungsi antara lain :
  • Script-script yang ada di dalam fungsi tidak akan dieksekusi atau dijalankan 
          sampaianda memanggil fungsi tersebut.
  • Setiap fungsi harus diberi nama, penamaan fungsi dapat anda lakukan sesuka hati tapi sebaiknya nama fungsi menggambarkan apa yang akan dilakukan oleh fungsi tersebut, misalnya jika fungsi di buat untuk mengambil data tanggal lahir anggota, anda bisa namakan “get_birthdate” atau “ambil_tg_lahir”.
  • Nama fungsi hanya boleh menggunakan karakter huruf dan tanda underscore (_) dan tidak boleh menggunakan spasi.
          Sintaks fungsi adalah sebagai berikut :
  function namaFungsi() { }
Penjelasannya :
Sebuah fungsi harus selalu dimulai dengan kata “function” kemudian diikuti dengan nama fungsi (namaFungsi) dan tanda buka serta tutup kurung, kemudian buka kurung kurawal dan tutup kurung kurawal. Nah script yang akan dieksekusi akan di tulis di dalam kurung kurawal. Tanda buka dan tutup kurung bisa kosong, dan bisa juga diisi parameter atau variabel boleh hanya 1 atau lebih, contohnyafunction namaFungsi($parameter1,$parameter2) { }
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Fungsi (function) PHP dan Cara Penggunaan Fungsi PHP
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/pengertian-fungsi-function-php-dan-cara.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar