Selasa, 07 Oktober 2014

Cara Membuat Tulisan Vertikal dan Horizontal di Microsoft Excel

Dalam Membuat Tabel, terkadang karena terbatasnya ukuran kertas dan margin, sehingga tabel tidak bisa masuk seluruhnya dalam satu halaman. Sehingga diperlukan pengaturan sehingga seluruh tabel bisa berada dalam satu halaman. Salah satu caranya adalah dengan mengatur teks yang ada di kepala kolom atau judul tabel dibuat miring ke atas atau teks menjadi vertikal, dengan demikian teks akan terbaca dari bawah keatas atau sebaliknya dari atas ke bawah. Jika teks tetap dibuat secara horizontal atau mendatar, tentunya kolom akan tetap lebar dan sulit untuk diperkecil lagi.

Cara Membuat Tulisan Vertikal dan Horizontal di Microsoft Excel
Ms. Exel


Mungkin anda masih sedikit bingung yang dimaksud dengan yang saya tulis pada judul. Arah vertikal horisontal teks ini dalam Ms Office disebut Text Aligment. Ms. Excel pun memiliki satu fungsi text alignment untuk mengatur dan memformat posisi, bentuk, serta kedudukan teks. Jadi Aligment ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin mengatur posisi arah tulisan dalam sel/tabel, apakah itu posisi horisontal (posisi mendatar) ataupun posisi vertikal (posisi berdiri tegak). Posisi teks tidak hanya bisa diatur untuk menjadi posisi horisontal maupun Vertikal saja, tapi juga bisa diatur sesuai sudut yang dikehendaki.

Untuk mengatur arah teks menjadi horizontal, vertikal atau teks miring secara diagonal dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang ada di Ms Excel, yaitu text orientation. Dengan menggunakan text Orientation ini anda bisa merubah arah text sesuai dengan keinginan, 45 derajad, 90 derajad atau yang lain.

Berikut ini akan kita ulas mengenai bagaimana cara mengatur aligment pada teks di microsoft excel:

  • Blok atau seleksi sel yang akan diatur text orientasinya.
  • Tekan tombol Ctrl + 1 untuk membuka jendela Format Cells
  • Klik Tab Alignment kemudian pada orientation, masukkan angka pada isian degrees untuk membuat tulisan miring dengan kemiringan sekian derajad. Atau Klik dan tahan titik berwarna merah kemudian geser kearah derajad yang diinginkan.
  • Jika sudah Klik OK.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Tulisan Vertikal dan Horizontal di Microsoft Excel
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/10/cara-membuat-tulisan-vertikal-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar