Selasa, 23 September 2014

Pengertian Istilah Tag, Atribut Dan Elemen Dalam HTML



Pengertian Istilah Tag, Atribut Dan Elemen Dalam HTML
HTML


Pengertian Tag dalam HTML

Sebagai sebuah bahasa markup, HTML membutuhkan cara untuk memberitahu web browser bagaimana suatu text ditampilkan. Apakah text itu ditulis sebagai sebuah paragraf, list, atau sebagai link? Dalam HTML, tanda ini dikenal dengan istilah tag.
Hampir semua tag dalam HTML ditulis secara berpasangan, Tag Pembuka dan Tag Penutup, dimana objek yang dikenai perintah tag berada di antara tag pembuka dan tag penutup. Objek disini dapat berupa text, gambar, maupun video. Penulisan tag berada di antara dua kurung siku.
Format penulisan tag:
<tag_pembuka>objek yang dikenai perintah tag</tag_penutup>
Contohnya jika kita ingin membuat suatu text dalam sebuah paragraf di tulis tebal atau miring, dalam HTML dapat ditulis sebagai berikut:
Ini adalah sebuah paragraf. <i>Hanya kumpulan beberapa kalimat</i>.
Paragraf ini terdiri dari <b>3 kalimat</b>.
Hasil dari sebagian kode HTML diatas, diterjemahkan oleh browser menjadi:
Ini adalah sebuah paragraf. Tidak lain dari kumpulan beberapa kalimat. Paragraf ini terdiri dari 3 kalimat.
Tag <i> pada kode HTML diatas memberikan perintah kepada Browser untuk menampilkan text secara garis miring (i, singkatan dari italic), dan tag <b> untuk menebalkan tulisan (b, singkatan dari bold).
Contoh tag:
<p> Ini adalah sebuah paragraf </p>
  • <p> adalah tag pembuka, dalam contoh ini p adalah tag untuk paragraf
  • </p> adalah tag penutup Paragraf. Perbedaannya dengan tag pembuka terletak dari tanda Backslash(/)

Jika kita lupa memberikan penutup tag, umumnya browser akan “memaafkan” hal ini dan tetap menampilkan hasilnya seolah-olah kita menuliskan tag penutup. Walaupun hal ini memudahkan kita, namun tidak disarankan.
*pengecualian beberapa tag tidak berpasangan, seperti <br> untuk break (pindah baris) atau <hr> untuk horizontal line (garis horizontal) ditulis dengan <br />, dan  <hr />. Tag ini dikenal juga dengan sebutan self closing tag.

Pengertian Atribut :

Atribut dalam HTML adalah perintah yang disisipkan/ditempelkan pada TAG utama yang tujuanya adalah mengatur bentuk/gaya tampilan sebuah objek. Contoh penggunaan atribut yang ditempelkan pada H1 :
<h1 align="center">Saya Belajar Tag HTML</h1>

Anda lihat diatas, kita membuat tulisan dengan tampilan heading 1 (judul) dan kemudian ditempelkan atribut align yang fungsinya mengatur letak horizontal di layar.

Sebuah TAG boleh menggunakan lebih dari 1 atribut yang relevan. Contoh :

<font size="3" face="arial" color="red">Merdeka atau Mati</font>

Contoh TAG font diatas menggunakan atribut size (ukuran) dan face(jenis huruf) dan color(warna tulisan).

Yang saya maksud relevan adalah, sebuah TAG tidak bisa diberikan atribut diluar kemampuanya. Contoh : TAG font tidak bisa ditempelkan atribut align, karena : font adalah bentuk huruf bukan format tulisan, sebaliknya seperti itu, h1 tidak bisa diberi atribut face karena h1 adalah format tulisan bukan bentuk huruf. Trus bagaimana jika ingin menggabung keduanya?? Biasanya dituliskan dengan cara :

<h1><font face="arial">Saya belajar Tag</font></h1>

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Istilah Tag, Atribut Dan Elemen Dalam HTML
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/pengertian-istilah-tag-atribut-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar