Kamis, 25 September 2014

Macam-macam Link Dan Cara Menuliskannya


Macam-macam Link Dan Cara Menuliskannya
Link atau Hyperlink

Link atau Hyperlink adalah teks atau gambar untuk menuju suatu Alamat atau Halaman tertentu. Teks atau gambar yang dijadikan hyperlink mempunyai tampilan yang berbeda dengan teks yang lain (misalnya diberi garis bawah dan warna lain ). Pointer mouse akan berubah menjadi tanda jari jika diarahkan pada Teks atau gambar yang merupakan hyperlink.


Jenis-jenis Link Berdasarkan lokasi tujuannya, link dapat dibedakan atas:
  • Link yang menuju ke HomePage (halaman pertama) dari sebuah situs.
  • Link yang menuju ke halaman yang lain dalam situs yang sama.
  • Link yang menuju ke halaman yang lain dalam situs yang lain.
  • Link yang menuju ke bagian tertentu (bookmark) dalam halaman yang sama.
  • Link yang menuju ke bagian tertentu (bookmark) dalam halaman yang berbeda.
  • Link yang mengarah ke sebuah file yang dapat ditampilkan dalam browser, misalnya file image (gambar) atau animasi seperti GIF, JPG, BMP dan sebagainya.
Secara umum penulisan tag hyperlink ditandai dengan tag <A> Bentuk penulisannya sangat simpel dan mudah, yaitu : <a href=”url”>Teks Link</a> URL ini ditulis diantara tanda kutip sesudah atribut href= Ketentuannya sebagai berikut:

  1. Cara Penulisan Link

  • Link yang menuju ke homepage (halaman pertama) dari situs lain, cukup dituliskan alamat URL dari website tersebut, misalnya: href= "http://www.asianbrilliant.com".
  • Link yang menuju ke halaman lain dalam situs yang sama, maka cukup dituliskan lokasi filenya, tanpa menuliskan alamat URL situs itu. 

    2.   Cara Membuat Link

  • Format penulisan : <a href="Link">Kata yang di-click</a> <a name="#Acuan">Kata yang dituju</a> Link = Alamat URL atau nama file dan/atau acuan yang dituju Acuan = Kata sembarang sebagai penanda (bookmark). 



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Macam-macam Link Dan Cara Menuliskannya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/macam-macam-link-dan-cara-menuliskannya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar