Jumat, 26 September 2014

Cara Setting Mikrotik Sebagai Gateway Dengan Winbox



Cara Setting Mikrotik Sebagai Gateway Dengan Winbox
Setting Mikrotik

Pengertian Mikrotik

Mikrotik sebagai gateway adalah salah satu konfigurasi yang paling sering ditemui selain sebagai manajemen bandwidth. Mikrotik sebagai gateway maksudnya adalah router mikrotik dimanfaatkan sebagai pintu gerbang tempat keluar masuknya Paket dari dan ke internet, jadi semua paket akan dilewatkan melalui Mikrotik. Topologi yang digunakan pada jaringan model ini sangat sederhana, karena konfigurasi ini juga adalah Konfigurasi dasar bagi seseorang yang ingin belajar tentang Mikrotik. Setiap orang yang ingin Belajar tentang Mikrotik harus bisa melakukan konfigurasi ini.

Sejarah Mikrotik

Tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.
Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

Langkah-langkah yang dilakukan:

  • Buka Aplikasi win box yang sudah di install di PC anda, sebagai perhatian bahwa anda membutuhkan minimal dua buah PC dalam praktikum ini. Satu PC sebagai PC client dan satu PC sebagai konfigurasi router
  • Pilih interface yang akan di aktifkan, disini akan digunakan eth 1 sebagai interface yang terhubung ke WAN, eth 2 sebagai interface yang terhubung ke LAN  dalam hal ini eth 2 terhubung ke switch dan dapat digunakan oleh PC Client, dan eth 3 terhubung ke computer yang mengkonfigurasi router.
  • Berilah IP pada interface yang terhubung kepada jaringan LAN, cara nya pilih toolbar ip, lalu pilih addrasess. Karena pada langkah sebelumnya eth2 sebagai interface yang terhubung ke LAN maka beri IP eth2 tersebut dengan 192.168.10.1/24 dan network 192.168.10.0 serta broadcast address nya 192.168.10.255
  • Beri IP pada eth 1 sebagai interface yang terhubung ke jaringan WAN
  • Ubah lah ip private menjadi ip publict agar jaringan LAN dapat berkomunikasi dengan jaringan WAN, caranya adalah pilih toolbar ip, lalu fire wall, jangan lupa untuk mensetting src address menjadi sources dan action menjadi masquerate agar PC client yang berada dalam jaringan LAN dapat mengakses keluar sedang kan jaringan luar tidak dapat mengakses kedalam.
  • Cek kembali interface yang telah anda beri ip
  • Uji konektivitas dengan cara melakukan ping di command prompt
  • Selain dapat melakukan ping ke PC lainyang terhubung dalam satu LAN, kita juga dapat mem ping ip router dan ip PC yang berada pada LAN yang berbeda, namun tidak dapat melakukan browsing ke internet. Untuk dapat browsing ke internet anda perlu setting DNS servers. Penyettingan DNS Servers dilakukan dengan memasukkan  ip yang digunakan pada interface jaringan internet.  
  • Selanjutnya melakukan  penyettingan pada pc client dengan memasukkan ip static, default gateway dan DNS server agar dapat terkoneksi ke jaringan internet
  • Melakukan ping ke google.com untuk menguji konektivitas Jaringan internet.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Setting Mikrotik Sebagai Gateway Dengan Winbox
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/cara-setting-mikrotik-sebagai-gateway.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar