Senin, 22 September 2014

Sekilas Tentang Apa Itu Scilab ?


SciLab
SciLab
Scilab adalah suatu perangkat lunak yang dikembangkan untuk komputasi numerik dan visualisasi data. Pada awalnya Scilab dikembangkan oleh INRIA dan ENPC,Perancis,dan sekarang pengembangan dan pemeliharaan Scilab dilakukan oleh konsorium Scilab. Scilab mempunyai kelebihan dibandingkan dengan Matlab karena bersifat gatis (freeware) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi diantaranya seperti Windows,Mac OS/X,Unix dan Linux.

Kelebihan utama dari Scilab yaitu gratis (freeware) dan tersedia untuk berbagai sistem 

operasi seperti Windows, Mac OS/X, Unix dan Linux. Scilab telah digunakan secara meluas 

di seluruh dunia baik di kalangan pendidikan, penelitian maupun industri, diperkirakan 

Scilab telah didownload lebih dari 20 ribu dalam sebulan.


Scilab tersusun dari 5 bagian utama yaitu:

  • Development Environment. Merupakan sekumpulan perangkat dan fasilitas yang membantu anda untuk menggunakan fungsi-fungsi dan file-file Scilab. Beberapa perangkat ini merupakan sebuah graphical user interfaces (GUI). Termasuk didalamnya adalah Scilab console, scipad sebagai sebuah editor dan debugger,juga terdapat aplication untuk mengkonversi bahasa matlab menjadi scilab dan bantuan berupa scilab help dan scilab demonstrations. 
  • Scilab Mathematical Function Library. Merupakan sekumpulan algoritma komputasi mulai dari fungsi-fungsi dasar sepertri: sum, sin, cos, dan complex arithmetic, sampai dengan fungsi – fungsi yang lebih kompek seperti matrix inverse, matrix eigenvalues, dan fast Fourier transforms. 
  • Scilab Language. Merupakan suatu high-level matrix/array language dengan control flow statements, functions, data structures, input/output, dan fitur-fitur object-oriented programming. Ini memungkinkan bagi kita untuk melakukan kedua hal baik “pemrograman dalam lingkup sederhana ” untuk mendapatkan hasil yang cepat, dan “pemrograman dalam lingkup yang lebih besar” untuk memperoleh hasil-hasil dan aplikasi yang komplek. 
  • Graphics. Scilab memiliki Fasilitas untuk menampilkan vector dan matrices sebagai suatu Grafik. Didalamnya melibatkan high-level functions (fungsi-fungsi level tinggi) untuk visualisasi data dua dimensi dan data tiga dimensi, image processing, animation, dan presentation graphics. Ini juga melibatkan fungsi level rendah yang memungkinkan bagi anda untuk membiasakan diri untuk memunculkan grafik mulai dari benutk yang sederhana sampai dengan tingkatan graphical user interfaces pada aplikasi scilab anda. 
  • Scilab Application Program Interface (API). Merupakan suatu Library yang memungkinkan program yang telah anda tulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan Scilab. Ini melibatkan fasilitas untuk pemanggilan routines dari Scilab (dynamic linking), pemanggilan Scilab sebagai sebuah computational engine, dan untuk membaca dan menuliskannya .
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sekilas Tentang Apa Itu Scilab ?
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/sekilas-tentang-apa-itu-scilab.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar