Jumat, 26 September 2014

Menghubungkan Dua Jaringan Berbeda Menggunakan Dua Router (Cisco Packet Tracer)



Router (Cisco Packet Tracer)
Router


Aplikasi ini sering sekali digunakan sebagai media simulasi membuat sebuah jaringan komputer. Dengan aplikasi ini kita dapat melihat gambaran secara virtual bagaimana komputer satu dengan yang lainnya berhubungan dengan komputer lain melalui sebuah jaringan yang berbeda-beda.


Sedikit penjelasan mengenai packet tracer :


Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.


Router


Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal dengan istilah routing.
Router banyak digunakan dalam jaringan komputer, karena alat ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang berbeda segmen. Misalnya, dari jaringan dengan kelas A, dihubungkan dengan jaringan kelas B, jika ingin menghubungkan kedua jaringan tersebut kita harus menggunakan router.

simulasi menggunakan Cisco Packet Tracer, yang menghubungkan dua jaringan berbeda menggunakan dua Router, dalam hal ini Jaringan pertama merupakan jaringan IPv4 kelas A dan Jaringan kedua IPv4 kelas B yang akan dihubungkan melalui IPv4 kelas C.
kira-kira tampilanya seperti ini


simulasi menggunakan Cisco Packet Tracer
Simulasi Cisco Packet Teacer


Pertama kita buat dulu End Device/perangkat komputernya.
kita buat dua jaringan, yang pertama jaringan kelas A, terdiri dari satu buah Switch dan dua komputer dengan masing-masing komputer memiliki konfigurasi IP sebagai berikut :

Komputer 1 
IP Addres : 10.0.0.2
Subnet Mask : 255.0.0.0
Default Gateway : 10.0.0.1

Komputer 2
IP Addres : 10.0.0.3
Subnet Mask : 255.0.0.0
Default Gateway : 10.0.0.1

buat satu lagi untuk Jaringan kelas B, langkahnya sama. yang kita butuhkan satu buah Switch dan dua buah komputer dengan masing-masing komputer memiliki konfigurasi IP sebagai berikut :

Komputer 1 
IP Addres : 172.16.0.2
Subnet Mask : 255.255.0.0
Default Gateway : 172.16.0.1

Komputer 2
IP Addres : 172.16.0.3
Subnet Mask : 255.255.0.0
Default Gateway : 172.16.0.1
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menghubungkan Dua Jaringan Berbeda Menggunakan Dua Router (Cisco Packet Tracer)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/menghubungkan-dua-jaringan-berbeda.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar