Senin, 29 September 2014

Macam - Macam File Video



Macam - Macam File Video
Adobe Premiere

Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, keilmuwan, Produksi dan keamanan. Istilah video juga sering digunakan sebagai singkatan dari video tape, perekaman video, maupun pemutar video.

Format video yang diciptakan pada telepon selular tidak sama dengan format video VCD maupun DVD. Hal ini dikarenakan keterbatasan memori telepon selular dan sistem operasi yang berbeda.
Secara garis besar, format video yang berkembang saat ini dapat dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu:
  •    Video analog format encoding: NTSC, PAL, SECAM, RF, Composite Video, Component Video, S-Video, dan RGB. 2.
  •     Video analog format kaset: Ampex, VERA (BBC), U-matic, Betamax, Betacam, Betacam SP, VHS, S-VHS, VHS-C, Video 2000, 8mm tape, dan Hi8.
  •      Video digital format kaset: D1, D2, D3, D4, D5, Digital Betacam, Betacam IMX, D-VHS , DV, MiniDV, MicroMV, dan Digital8.
  •       Disk optik format penyimpanan: VCD, DVD, dan LaserDisk.
  •     Video digital terpilih format encoding: CCIR 601, MPEG-2, H.261. H.263. dan H.264

Jenis-jenis Video :

  • AVI (Audio Video Interleaved)

“AVI merupakan format file video buatan Microsoft. Format ini merupakan salah satu format videotertua yang diperkenalkan Microsoft sejak dirilisnya Windows 3.1” (Yulwardian, 2004 : 6). Kelebihan format file AVI adalah gambarnya lebih tajam dibandingkan ASF dan format file AVI berlaku untuk standar windows.

  •        MPEG (Moving Picture Experts Group)

MPEG (sering disebut sebagai MPG) saat ini menjadi standar kompresi file digital video-audio. Format ini memiliki beberapa jenis, berdasarkan pada kualitas gambar dan “lapisan” yang digunakanya yaitu MPEG-1, MPEG-2, atau MPEG layer 2, dan MPEG-4,  ATAU MPEG layer 4” (Ibid, hal. 6).

  • WMV (Windows Media Video)

WMV adalah format standar Windows. Meskipun WMV merupakan standar windows yang mendominasi operasi sistem pasar saat ini, format ini tidak banyak digunakan sebagai standar videoediting” (Ibid, hal.8)
WMV sebenarnya adalah versi proprietary dari MPEG-4. Video Stream sering dikombinasikan denganAudio Stream dalam format WMA, dengan video WMV yang dikemas kedalam kontainer AVI.

  • DiVX

“Dikembangkan oleh DiVXNetworks, format video kompresi berbasis MPEG-4 ini memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan dapat mencapai kurang dari seperdelapan ukuran MPEG-2 dengan kualitas yang tetap terjaga. Format ini sering disebut video MP3” (Ibid, hal.8)

  • MP4

File video MP4 bukan merupakan format file baru. Meskipun demikian, format file ini belom banyak didukung oleh kebanyakan software video player. Oleh sebab itu, diperlukan software khusus untuk bisa membuka dan memainkan file video dengan format MP4 ini” (Enterprise, 2012 : 136).

  • Quicktime

“Format video multimedia keluaran Apple Computer untuk sistem operasi MacOS. Format video ini dapat berisi video, audio, animasi, dan virtual reality. Codec yang sering berada di dalam fileQuickTime adalah Sorenson dan Cinepak” (Brata, 2007 : 20).
File Quicktime merupakan multimedia yang terbentuk atas satu atau lebih track seperti audio, video, teks atau efek digital. Masing-masing track mengandung media track, baik itu media stream yang telah di encode atau pointer-pointer pada file eksternal.

  • RealMedia

“Seperti WMV, format video ini dirancang untuk keperluan Streaming dan dapat menampung file berupavideoaudio, animasi, MIDI, serta presentasi. Transmisinya menggunakan protocol (RTSP). Dirilis oleh RealNetworks. Codec yang biasanya ada didalam file video RealMedia adalah RealVideo”(Ibid, hal.20)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Macam - Macam File Video
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/macam-macam-file-video.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar