Minggu, 28 September 2014

Mengenal Resolusi Photoshop



Mengenal Resolusi Photoshop
Resolusi Photoshop

Photoshop secara default adalah color mode, RGB resolusi adalah 72 pixel/inch. Bagi disain pemula mungkin belum begitu mengerti tentang color mode RGB resolusi tsb. karena dengan resolusi  72 pixel/inch akan berakibat image kurang maximal untuk cetak/offset dengan Lpi 150/175. Untuk standar cetak pada umumnya file Photoshop adalah resolusi 300 pixel/inch, bukan per cm untuk pemakaian file 100%.

Bagaimana cara memperbesar resolusi dengan menggunakan photoshop :


  • Buka foto yang akan diperbesar
  • Foto yang di buka berukuran 1280 x 960, kemudian ingin memperbesar foto menjadi 2x lipat lebih besar dari aslinya. Jadi langsung saja menuju ke menu Image > Image Size atau tekan Ctrl+Alt+I. Selanjutnya akan muncul jendela Image Size dengan beberapa menu di dalamnya. Di jendela Image Size ini, ada 2 kolom utama yang harus diperhatikan yakni Width dan Height.Width berfungsi untuk mengatur ulang panjang foto dan Height untuk tinggi foto.Kamu dapat memasukan nilai sesuka hati kamu pada kolom Width dan Height. Dibawahnya, terdapat area Document Size. Area ini menginformasikan pada kita mengenai ukuran dan resolusi foto.Di bawahnya lagi terdapat 3 Opsi yakni Scale Styles, Constrain Proportion, dan Resample Image.Ketiga opsi inilah yang akan membantu kita dalam pengaturan ulang ukuran foto (image resizing).
  • Pertama-tama, centang Opsi Constrain Proportions. Costrain Proportions ini bertugas menyesuaikan Width atau Height apabila nilai asli salah satunya berubah secara otomatis sesuai dengan skala foto. Masukan nilai 2560 pada Width dan secara otomatis Height akan berubah menjadi 1920.
  • Tidak langsung di klik OK, karena belum selesai. Salah satu masalah yang sering ditimbulkan dari perbesaran foto ini adalah kualitas foto yang menurun. Sebenarnya hal ini tidak terjadi pada saat kita memperbesar ukuran foto(upsampling) saja, melainkan juga terjadi pada saat kita mengecilkan ukuran foto(downsampling).Biasanya gejala yang nampak adalah foto pecah dan buram. Lalu bagaimana cara mengatasinya adalah dengan menggunakan beberapa pilihan yang disediakan pada Opsi Resample Image. Di sana kita dapat melihat ada beberapa pilihan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenal Resolusi Photoshop
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/mengenal-resolusi-photoshop.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar