Rabu, 17 September 2014

Mengetahui Sejarah Microprosessor


SEJARAH

Microprosessor
Microprosessor

Mikroprosesor pertama kali diciptakan adalah Intel 4004, yang diperkenalkan tahun 1971. Prosesor ini sangat sederhana, hanya bisa melakukan operasi sebesar 4 bit per waktu. Aplikasi prosesor ini adalah untuk menyusun kalkulator elektronik portabel.

Mikroprosesor pertama yang digunakan untuk keperluan rumahan adalah Intel 8080 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974. Prosesor ini berukuran 8 bit. Digunakan pertama kali pada kit Altair. Kit buatan MITS yang diperkenalkan pada tahun 1975 inilah yang dianggap sebagai cikal bakal komputer personal yang pertama. Namun yang dinamakan PC seperti yang sekarang diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982, yang disebut IBM PC. Komputer ini menggunakan prosesor Intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979.

Mikroprosesor yang digunakan pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Secara kronologis, prosesor-prosesor yang digunakan sampai pada tahun 2002 adalah 8088, 80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium III, dan Pentium IV. Sebagai bahan perbandingan, prosesor pentium 4 memiliki kecepatan 5000 kali lebih cepat dari pada prosesor 8088.

Setiap komputer yang kita gunakan didalamnya pasti terdapat mikroprosesor. Mikroprosesor dikenal dengan sebutan central processing unit (CPU) artinya unit pengolahan pusat. Mikroprosesor pertama adalah intel 4004 yang dikenal pada tahun 1971, tetapi kegunaan mikroprosesor masih sangat terbatas, hanya dapat digunakan untuk operasi pengurangan dan penambahan. Mikroprosesor pertama yang digunakan untuk komputer rumah adalah intel 8080, merupakan komputer 8-bit dalam satu Chip yang dikenal pada tahun 1974.


Intel Inside
Intel Inside

Prosesor adalah jantung dari sebuah komputer dan banyak diantara pengguna teknologi terutama komputer pribadi mengetahui bahwa perangkat yang mereka gunakan mengandung “Intel Inside“. Intel adalah pembuat mikroprosesor yang tersebar luas sejak empat dasa warsa yang lalu dan sampai saat ini merupakan arsitektur yang paling banyak digunakan untuk menjalankan platform sistem operasi Linux dan secara eksklusif digunakan untuk Windows.
Pada tahun 1969 dan sebelum lahirnya mikroprosesor pertama, menurut catatan yang diungkapkan di situsnya, Intel sebagai produsen semikonduktor telah menerima permintaan dari Nippon Calculating Machine Corporation (NCMC) untuk merancang 12 chips khusus, yang rencananya digunakan untuk membangun produk kalkulator Busicom 141-PF. Insinyur Intel pada saat itu menyarankan keluarga yang terdiri ari hanya empat chips, termasuk salah satu yang dapat diprogram untuk digunakan dalam berbagai produk. Prestasi ini ternyata telah menjadi awal dari revolusi teknis yang secara dramatis mengubah jalannya pengembangan elektronik.
Intel kemudian merancang satu set terdiri dari empat chip yang dikenal sebagai MCS-4. Set ini terdiri dari central processing unit (CPU) berupa chip 4004, yang didukung chip memori read-only (ROM) mengandung program aplikasi khusus, chip memori random-access (RAM) untuk pengolahan data, dan sebuah chip shift-register yang ditugaskan menangani port input/output (I/O). Agar dapat memanfaatkan rancangan tersebut untuk pelanggan lainnya, Intel kemudian membeli hak atas disain itu dari NCMC.

ARSITEKTUR MIKROKOMPUTER


Suatu sistem Mikrokomputer terdiri atas tiga bagian utama:

  •        CPU(Central processing unit), CPU terbagi 2 yaitu:
                  CU(Control Unit), unit pengendali untuk mengatur urutan operasi
                  seluruh sistem
                 ALU(Arithmetic logic Unit), berfungsi melaksanak operasi aritmatika                       serta operasi-operasi logika.
  •       Memory Unit(Unit Penyimpanan), unit ini mengandung program-program         yang bersangkutan dan data yang sedang diolah
  •     I/O(Unit Pengontrol Masukan dan Pengeluaran), unit ini mengandung  program-program yang bersangkutan dan data yang sedang diolah.

SISTEM BUS


Bus menghubungkan semua komponen dalam unit mikrokomputer.

Tiga tipe bus yaitu:

  • Data Bus (Bus D), bus dengan delapan penghantar, data dapat diteruskan dalam arah bolak balik (lebar data 8-bit) yaitu dari mikroprosesor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya.
  • Control Bus (Bus C), meneruskan sinyal-sinyal yang mengatur masa aktif modul mikrokomputer sesuai yang diinginkan menurut kondisi kerja.
  • Addres Bus (Bus A), meneruskan data alamat dari penyimpanan atau dari saluran masukan/keluaran yang diaktifkan pada saat tertentu


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengetahui Sejarah Microprosessor
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/mengetahui-sejarah-microprosessor.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar