Selasa, 09 September 2014

Belajar Mengkoneksikan Database dengan Powerbuilder

Powerbuilder
Powerbuilder 
Power Builder merupakan salah satu development tools untuk membuat sebuah aplikasi. Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan PowerBuilder lebih dikhususkan untuk database, sehingga terkesan klasik dan sangat minim fasilitas - fasilitas visual yang bersifat kosmetik dan tidak berkaitan dengan database.
Menurut tingkatan generasi-nya, PowerBuilder dikategorikan sebagai bahasa pemrograman tingkat ke 4 (4GL)karena sudah menerapkan bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia dan berbasis visual.
Lalu apa yang dimaksud dengan Bahasa Pemrograman,
Bahasa Pemrogramanatau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan Program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Software yang terdapat pada PowerBuilder Enterprise adalah :


  • PowerBuilder
    PowerBuilder memiliki lingkungan pengembangan Aplikasi Berbentuk Grafikal. Programmer dapat mendesain antarmuka seperti form entri data, window dialog, menu, laporan, dan sebagainya. Secara grafis dari objek/kontrol yang sudah disediakan, cukup dengan melakukan drag and drop. Selanjutnya atribut masing-masing objek dapat diatur sendiri, seperti posisi, ukuran, teks, warna, jenis huruf dan sebagainya. Programmer dapat menambahkan kode program pada setiap objek agar aksinya dijalankan pada keadaan yang bersesuaian.
    PowerBuilder mendukung database interface standar: ODBC, JDBC, dan OLE DB, serta memiliki beberapa native database interface yang memungkinkan pengaksesan langsung ke database tertentu seperti  Adaptive Server, MS SQL Server, Oracle dan Infomix
  • Enterprise Application Server (EAServer) Developer Edition, terdiri atas Jaguar CTS dan PowerDynamo.
    Jaguar CTS adalah application/transaction server yang menjadi inti dari EAServer. Software ini adalah platform untuk aplikasi yang penggunaannya intensif dan kritikal. Pada aplikasi berarsitektur client/server multitier, Jaguar beroperasi pada lapisan tengah (middle tier) yang menangani jalannya proses dan pengaksesan komponen-komponen business logic. Dengan Jaguar, aplikasi tradisional dapat dimigrasi menjadi aplikasi yang multitier.
    PowerDynamo adalah sebuah dynamic page server. Software ini digunakan untuk mengimplementasi aplikasi web di lingkungan internet atau intranet dengan jumlah kunjungan dan pengaksesan yang sangat tinggi. PowerDynamo menyediakan komponen yang diperlukan untuk membangun dan mengelola Aplikasi Web yang dinamis dan berorientasi database.
  • Adaptive Server Anywhere
    Adaptive Server Anywhere adalah sebuah relational database management system (RDBMS) yang berukuran kecil dan ringkas. Database ini tidak mengkonsumsi sumber daya yang besar sehingga cocok untuk beroperasi di lingkungan dengan memori dan kapasitas yag terbatas. Adaptive server anywhere didesain agar mudah digunakan pada lingkungan stand alone atau sebagai network server pada lingkungan multiuser.
  • InfoMaker
    Infomaker adalah sebuah reporting tool yang mudah digunakan. Software ini dapat digunakan untuk menjalankan Query Pada Database dan membuat bermacam-macam bentuk laporan tanpa menulis sebaris kode program pun. Seperti halnya PowerBuilder, InfoMaker memiliki lingkungan desain yang grafilal. Pengguna Infomaker tidak dituntut memiliki pengetahuan perintah-perintah SQL dan bahasa pemrograman.
Tantangan Menjadi Master KomputerBelajar Komputer hanya di asianbrilliant.com belajar komputer via online.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar Mengkoneksikan Database dengan Powerbuilder
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/belajar-mengkoneksikan-database-dengan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar