Senin, 08 September 2014

Algoritma Dan Pemrograman

Dalam beberapa konteks, Algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah:
pertama, algoritma haruslah benar, artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.

 algoritma berasal dari bahasa Arab dengan lafal Al-Khwarizmi, bahasa Inggris Algorizm dan bahasa Indonesia disebut dengan nama Algoritma. Selain kita sudah mengerti tentang pengertian diatas untuk cara belajar logika & algoritma pemrograman kita harus mengenali istilah-istilah dari program, pemrograman, bahasa pemrograman. Kita ulas satu persatu
  1. Program adalah rangkaian kata perintah yang di mengerti oleh komputer untuk menyelesaikan masalah. Kata- kata perintah tersebut membentuk suatu bahasa yang di sebut dengan bahasa pemrograman.
  2. Pemrograman adalah proses mengimplementasikan suatu masalah dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman.
  3. Bahasa pemrograman adalah Prosedur atau tata cara penulisan program.Contoh: Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java,C++, dan lain sebagainya
Notasi Algoritma:
1. Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi Bahasa Pemrograman dan Komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
2. Notasi algoritma dapat berupa:
• Uraian kalimat deskriptif (narasi):
Contoh:
Algoritma kelulusan mahasiswa
Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus, jika nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.
Deskripsi:
Baca nama dan nilai mahasiswa
Jika nilai >= 60 maka
Keterangan = lulus
Tetapi jika salah
Keterangan = tidak lulus
Tulis nama dan keterangan.
Tahapan Pembuatan Program:
1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya. Mencangkup : tujuan pembuatan, parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan, dan bahasa pemrograman yang digunakan.



Tantangan Menjadi Master KomputerBelajar KomputerTips Trik Belajar Powerbuilder  hanya di asianbrilliant.com belajar komputer via online.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Algoritma Dan Pemrograman
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/algoritma-dan-pemrograman.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar