Senin, 08 September 2014

Pengertian Class Diagram

Class Diagram adalah alat perancangan terbaik untuk tim pengembang. Diagram tersebut membantu pengembang mendapatkan struktur system sebelum kode ditulis, dan membantu untuk memastikan bahwa system adalah desain terbaik.
Class diagram digunakan untuk menampilkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam system. Class diagram memberikan gambaran system secara statis dan relasi antar mereka. Biasanya, dibua beberapa class diagram untuk system tunggal. Beberapa diagram akan menampilkan subset dari kelas-kelas dan relasinya. Dapat dibuat beberapa diagram sesuai dengan yang diinginkan untuk mendapatkan gambaran lengkap terhadap system yang dibangun.

      Menentukan kelas
Cara yang baik untuk menemukan kelas-kelas adalah mulai dari memperhatikan aliran kejadian (flow of event) dari suatu Use CasePerhatikan kata benda didalam aliran kejadian, mungkin merupakan salah satu dari empat hal berikut.
1.      Actor
2.      Kelas
3.      Atribut dari kelas
4.      Ekspresi, bukan actor, bukan kelas, dan bukan atribut. 

Contoh Class Diagram
Contoh Class Diagram
Tabel berikut ini penjelasan symbol relationships antar class yg digunakan pada diagram class 
Tabel Keterangan Class Diagram
Tabel Keterangan Class Diagram

Ada Beberapa Cara mengelompokkan kelas-kelas dalam paket, tetapi bagaimanapun juga,  kelas-kelas dapat dikelompokkan dalam paket yang sama tergantung dari keinginan kita sendiri. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah berdasarkan Stereotype-nya. Dengan pendekatan ini, dapat dibuat satu paket untuk kelas-kelas entitas, dan satu kelas untuk  kelas-kelas control.
Pendekatan lainnya yang dapat digunakan adalah dengan fungsionalitasnya. Misalnya, kita punya Paket Security untuk kelas-kelas yang digunakan menangani keamanan system.


Tantangan Menjadi Master KomputerBelajar Komputer hanya di asianbrilliant.com belajar komputer via online


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Class Diagram
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://tips-triks-ilmu-komputer.blogspot.com/2014/09/pengertian-class-diagram_8.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Mastering Komputer ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar